Kumpulan Soal dan Jawaban Pemrograman Mobile Dasar

kumpulan-soal-dan-jawaban-pemrograman-mobile-dasar.png

Pemrograman mobile merupakan gabungan antara kata ”pemrograman” dan ”mobile“. Istilah lainnya yaitu mobile programming. Pemrograman ini secara singkat memiliki makna proses menulis kode-kode program untuk membuat aplikasi yang ditujukan untuk perangkat bergerak (Mobile).

Berikut adalah kumpulan soal-soal dan jawaban Pemrograman Mobile Dasar

Parameter pada method startActivity() adalah . . .
Companion Object
Object activity
Variabel Intent
Layout Manager

Berikut ini yang bukan termasuk kedalam katagori komponen layout
Frame layout
Linear Layout
Constraint layout
Recycler View

Ketika Orientasi layar android berubah (dari portrait ke landscape), maka siklus activity akan menjalankan state . . .
onCreate()
onDestroy()
onStart()
onResume()

Pengaturan Internet Permission dilakukan di halaman . . .
Activity_main.xml
AndroidManifest.xml
Build.Gradle(:app)
String.xml

Berikut di bawah ini adalah cara yang benar dalam menggabungkan string dan variable pada Bahasa penrograman kotlin
val newText = "Nama : “ . $name . “Age : “ . $age
val newText = "Nama : $name, Age : $age"
val newText = "Nama : “ + $name + “Age : “ + $age
salah semua

Berikut ini statement yang paling tepat berkenaan dengan Intent
Intent merepresentasikan satu layar tampilan UI (user interface) yang mengatur semua hal yang dilakukan user
Intent adalah view group yang memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan list view
Intent adalah sebuah jembatan yang menghubungkan interaksi antar Activity di aplikasi Android. Intent juga dapat membawa dan mengirimkan
Salah semua

Resource berupa gambar dapat disimpan dalam folder
Res > layout
Res > mipmap
Res > values
Res > drawable

Activity pada android berfungsi untuk
Menampilkan user interface
Menuliskan kode XML
Menuliskan kode Kotlin
Menuliskan Kode Gradle

Berikut di bawah ini adalah pendeklarasian yang bersifat mutable
static
var
const
val

Pengaturan dependencies dilakuakn pada file
File java
File kotlin
Build.Gradle(:app)
File xml

Resource berupa rancangan user interface dapat disimpan dalam folder
Res > drawable
Res > layout
Res > values
Res > mipmap

Pada penggunaan method Intent, parameter kedua merupakan . . .
Activity Class tujuan
Nama Companion Object
Activity Object yang memanggil (Activity asal)
Nilai yang dikirimkan ke Activity tujuan

Pada penggunaan method Intent, parameter pertama merupakan . . .
Activity Object yang memanggil (Activity asal)
Nilai yang dikirimkan ke Activity tujuan
Activity Class tujuan
Nama Companion Object

Agar ukuran lebar komponen dapat mengikuti ukuran width dari parent elemen maka dapat diatur menggunakan nilai
match_parent
StartToEnd
StartToStart
wrap_content

Berikut di bawah ini potongan kode program untuk mendapatkan nilai bertipe number yang dikirmkan dari activity yang berbeda
val name = intent.getExtra(EXTRA_NAME)
val name = intent.getStringExtra(EXTRA_NAME)
val name = intent.getString(EXTRA_NAME)
val name = intent.getIntExtra(EXTRA_NAME)

Resource berupa string-array dapat disimpan dalam folder
Res > values
Res > mipmap
Res > drawable
Res > layout

Berikut di bawah ini potongan kode program untuk mendapatkan nilai bertipe text yang dikirmkan dari activity yang berbeda
val name = intent.getStringExtra(EXTRA_NAME)
val name = intent.getExtra(EXTRA_NAME)
val name = intent.getString(EXTRA_NAME)
val name = intent.getIntExtra(EXTRA_NAME)

Pada android studio pembuatan emulator dapat dilakuakn pada menu
Device Manager
Layout Inspector
Project Setting
SDK Manager

Pada method putExtra, parameter kedua merupakan . .
Activity Class tujuan
Nilai yang dikirimkan ke Activity tujuan
Activity Object yang memanggil (Activity asal)
Nama Companion Object

Class yang bertugas untuk menghubungkan data source dengan RecyclerView adalah
RecyclerView.Adapter
Layout Item
Layout Manager
ViewHolder

Penambah layout baru di letakkan di . . .
Res > drawable
Res > values
Res > mipmap
Res > layout

Plugin “kotlin-parcelize” harus didaftarkan pada halaman
String.xml
Activity_main.xml
Build.Gradle(:app)
AndroidManifest.xml

Agar ukuran tinggi komponen tidak melebihi ukuran content elemen maka dapat diatur menggunakan nilai
wrap_content
StartToEnd
match_parent
StartToStart

Pada method putExtra, parameter pertama merupakan . .
Nilai yang dikirimkan ke Activity tujuan
Activity Class tujuan
Activity Object yang memanggil (Activity asal)
Nama Companion Object

Berikut di bawah ini adalah beberapa method yang harus di implement pada penggunaan Recycler View Adapter
onCreate() , onBindViewHolder()
onBindViewHolder(), getItemCount()
onCreate(), getItemCount()
onCreate(), onCreateViewHolder()

Method ketiga makeText pada Toast adalah . . .
Context
Message
Toast Mode
Hide, Show

Berikut ini adalah pernyataan yang benar berkaitan dengan ViewBinding
ViewBinding adalah feature standard dari android kotlin yang dapat langsung digunakan tanpa harus melakukan pengaturan di gradle module app
ViewBinding memerlukan penggunaan methode findViewById
Dengan adanya ViewBinding sebuah widget tidak perlu lagi diberikan nilai ID
Dengan adanya ViewBinding, tidak perlu lagi mendeklarasikan variable untuk masing masing widget, cukup satu variable ViewBinding untuk digunakan sebagai penghubung ke banyak widget

performClick() adalah
Method untuk menambahkan event onClickListener pada sebuah widget
Adalah sebuah method yang digunakan pada view atau widget yang didalamnya terdapat event onClickListener
Adalah sebuah methode yang digunakan untuk mencegah terjadinya aksi click
Adalah sebuah methode yang digunakan untuk membuat delay pada aksi click dengan pengaturan waktu

Ketika ingin merubah  data pada table di SQLite maka mode database harus di set ke mode .
writeableDatabase
readableDatabase
changeDatabase
deleteDatabase

Method makeText  pada Toast memiliki . . . parameter
2
3
4
5

Ketika ingin menampilkan  data pada table di SQLite maka mode database harus di set ke mode . .
writeableDatabase
readableDatabase
openDatabase
runDatabase

Pada class SQLiteOpenHelper, method yang berfungsi untuk melakukan perubahan pada struktur table atau menambah table baru adalah
onStart
onInsert
onCreate
onUpgrade

Berikut dibawah ini adalah pernyataan yang tidak benar berkenaan dengan SQLite
SQLite memiliki ukuran file yang relative kecil
SQLite merupakan bagian integral dari platform Android, dan setiap perangkat Android memiliki implementasi SQLite yang terpasang secara default
SQLite bersifat Open Source
Untuk menambahkan fitur SQLite pada Android Kotlin, perlu dilakukan penambahan dependency pada gradle modul app

Method pertama makeText pada Toast adalah . . .
Context
Message
Toast Mode
Hide, Show

Ketika ingin menghapus  data pada table di SQLite maka mode database harus di set ke mode
writeableDatabase
readableDatabase
openDatabase
runDatabase

Berikut ini adalah method yang wajib di-implement ketika menggunakan class SQLiteOpenHelper
onInsert, onUpdate, onDelete
onCreate dan onUpgrade
onStart dan onCLose
onQueryStart dan onQueryUpdate

Agar sebuah field Primary Key dapat di-generate secara automatis setiap kali melakukan penambahan data pada sebuah table di SQLite, maka perlu dilakukan pengaturan . .
Auto Generate
Auto Primary
Auto Increment
Auto Key

Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis orientasi layout yang tersedia pada Linear Layout
Column layout, Grid Layout
Vertical layout, horizontal layout
Column layout, Grid Layout, Vertical layout, horizontal layout
Relative layout, constraint layout

Ketika ingin menambah data pada table di SQLite maka mode database harus di set ke mode . .
writeableDatabase
readableDatabase
openDatabase
runDatabase

Method kedua makeText pada Toast adalah . . .
Context
Message
Toast Mode
Hide, Show

Pada class SQLiteOpenHelper, method yang berfungsi untuk pembuatan awal table table adalah
onStart
onInsert
onCreate
onUpgrade

Itulah artikel Kumpulan Soal dan Jawaban Pemrograman Mobile Dasar kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Soal dan Jawaban Pemrograman Mobile Dasar"