Augmented Reality (atau disingkat AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas berimbuh sekadar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Berikut adalah kumpulan soal-soal dan jawaban Augmented Reality Dasar
Pengaturan apa yang harus dilakukan agar sebuah component audio dapat langsung dijalankan ketika sebuah game object di eksekusi . . .
Auto Play = True
Direct Play = True
Play On Awake = True
Auto Mode = True
Berikut di bawah ini adalah kode program yang benar dalam melakukan proses Instantiate . . .
Instantiate(ledakanFX, transform.rotation, transform.position);
Instantiate(ledakanFX, transform.position, transform.rotation);
Instantiate(transform.position, transform.rotation, ledakanFX);
Instantiate(transform.position, ledakanFX , transform.rotation);
Jika parameter pada method Input.GetMouseButtonDown() bernilai 1 maka mehod ini digunakan untuk mendeteksi . . .
Aksi click kiri mouse
Aksi click kanan mouse
Aksi click middle mouse
Aksi scroll mouse
Sebuah game object yang tidak memiliki collider akan mengakibatkan . . .
Game Object menjadi tidak terlihat
Game Object menjadi tidak bisa digerakkan
Game Object menjadi tidak memiliki penghalang (dapat ditembus oleh object lain)
Game object menjadi melayang layang tidak terpengaruh gravitasi
Berikut di bawah ini adalah script yang benar dalam menyambung string dengan variable di Unity 3D . . .
textScore.text = “Score : “ . score ;
textScore.text = “Score : ” + score ;
textScore.text = “Score : score” ;
textScore.text = “Score : $score” ;
Input.GetAxis(“Horizontal”) digunakan untuk mendeteksi jika tombol . . . . dan . . . di tekan
“a” dan “d”
“w” dan “s”
Space bar
Enter
Library apa yang harus di import ketika menuliskan kode program berkenaan dengan Komponen Canvas . . .
System.Collection.Canvas
System.Generic.Canvas
UnityEngine.UI
UnityCanvas.Collection
Komponen yang berfungsi untuk menerapkan Physic Engine seperti masa dan gravitasi adalah . . .
Collider
Rigidbody
Mesh Renderer
Transform
Komponen yang dapat berfungsi untuk menyembunyikan visualisasi object adalah . . .
Collider
Rigidbody
Mesh Renderer
Transform
Berikut di bawah ini adalah method yang dieksekusi pada setiap frame . . .
transform.Translate()
transform.Rotate()
Start()
Update()
Berikut di bawah ini adalah method yang digunakan untuk mengimplementasikan pergerakan . . .
transform.Translate()
transform.Rotate()
Start()
Update()
Parameter ke dua pada penggunaan method Instantiate adalah . . .
Object Prefab
Posisi prefab
Arah rotasi prefabs
Kecepatan prefabs
Unity 3D menggunakan Bahasa pemrograman . . .
C++
Java
C#
Java script
Berikut ini script yang benar untuk mendapatkan informasi nama Tag sebuah game object ketika terjadi collision . . .
If (collision.gameObject.tag == “enemy” ) {}
If (collision.gameObject.tag(“enemy”) ) {}
If (collision.gameObject.tagName == “enemy” ) {}
If (collision.gameObject.tagName(“enemy”) ) {}
Untuk memanggil asset prefab melalui script dapat dilakukan menggunakan method . . .
GameObject.Find()
GetComponent<>
Instantiate()
GetPreab()
Bagaimana cara agar proses assignment (pemberian nilai) sebuah variable dapat dilakukan dengan cara mengisikan langsung pada slot property panel . . .
Mendeklarasikan variable tersebut sebagai SerializeField
Mendeklarasikan variable tersebut sebagai static variable
Membuat method public untuk memanipulasi variable tersebut
Membuat method void untuk mengakses variable tersebut
Parameter pertama pada penggunaan method Instantiate adalah
Object Prefab
Posisi prefab
Arah rotasi prefabs
Kecepatan prefabs
Bagaimana cara agar sebuah variable private tetap dapat diakses dari luar script (Script yang berbeda) . . .
Variabel private tidak dapat diakses dari luar script
Membuat method public untuk memanipulasi variable private tersebut
Menjadikan variable tersebut sebagai Static Private variable
Membuat method void untuk mengakses variable tersebut
Method void adalah
Methode yang bisa langsung digunakan tanpa harus menciptakan object
Methode yang tidak memberikan return value
Methode yang hanya bisa diakses melalui class yang sama
Methode yang dijalankan hanya di frame pertama
Tipe data parameter yang terdapat pada method OnCollisionEnter() adalah . . .
Game Object
Collider
Collision
Rigidbody
Method Start adalah . . .
Methode yang bisa langsung digunakan tanpa harus menciptakan object
Methode yang tidak memberikan return value
Methode yang hanya bisa diakses melalui class yang sama
Methode yang dijalankan hanya di frame pertama
Berikut di bawah ini adalah opsi pengaturan dari “UI Scale Mode”, kecuali . . .
Constant Pixel Size
Flex Pixel Size
Scale With Screen Size
Constant Physical Size
Method Velocity dapat digunakan melalui komponen . . .
Collider
Rigidbody
Audio Source
Tansform
Input.GetAxis(“Vertical”) digunakan untuk mendeteksi jika tombol . . . . dan . . . di tekan
“a” dan “d”
“w” dan “s”
Space bar
Enter
Agar sebuah game object dapat mengeluarkan suara maka perlu ditambahkan komponen . . .
Audio Listener
Audio Source
Audio Zone
Audio Play
Method “CrossFade” pada komponen Animation digunakan untuk
Mempercepat pergerakan animasi
Melakukan pemanggilan animasi berdasarkan nama dengan proses transisi yang smooth
Mengatur delay pada pemanggilan animasi
Mengatur looping/perulangan pada pemanggilan animasi
Agar aplikasi AR Vuforia menggunakan unity 3D dapat menangkap target berupa object 3D maka perlu menggunakan komponen
Image Target
Model Target
Object Target
Shape Target
“robot” adalah sebuah variable bertipe Game Object yang terhubung dengan object 3D. Pilihlah kode yang benar di bawah ini untuk menyembunyikan “robot”
robot.IsVisible = false;
robot.SetActive = false;
robot.IsShow = false;
robot.IsEnable = false;
Untuk melakukan pendeteksian ketika sebuah tombol Virtual sudah tidak lagi di tekan, dapat dilakukan menggunakan method
RegisterOnButtonReleased
RegisterOnButtonPressed
OnButtonPressed
OnButtonReleased
Apa yang harus dilakukan agar Audio pada aplikasi AR Vuforia hanya dijalankan ketika marker terdeteksi
Lakukan pemanggilan audio pada event onTargetLost()
Lakukan pemanggilan Audio pada event onTargetFound()
Lakukan pemanggilan Audio pada event onImageTargetUp()
Lakukan pemanggilan Audio pada event onImageTargetDown()
Berikut ini adalah yang bukan merupakan type animasi yang di Unity 3D
General
Generic
Humanoid
Legacy
Apa yang akan terjadi jika sebuah audio source yang sedang memroses dan masih memainkan suara lalu diinstruksikan untuk melakukan pemanggilan suara lagi dalam waktu yang bersamaan
Audio source akan menyelesaikan pemanggilan suara yang pertama terlebih dahulu jika telah selesai baru akan meneruskan dengan pemanggilan suara yang kedua
Tidak akan terjadi apa apa, yang akan dijalankan tetap yang pertama sedangkan yang kedua akan diabaikan
Akan muncul suara Crash dan audio tidak berjalan seperti yang diinginkan
Program tidak bisa dikompile dan dijalankan sampai error diperbaiki
Pada aplikasi AR (Augmented Reality Vuforia) yang menggunakan gambar marker, objeck 3D AR harus diletakkan di . . .
AR Camera
Image Target
Model Target
Bisa diletakkan dimana saja
Pada aplikasi AR (Augmented Reality - Vuforia), apa yang perlu dilakukan agar dapat menggunakan lebih dari 1 image marker dalam waktu yang bersamaan
Memberikan nilai sesuai dengan jumlah marker yang digunakan pada atribut “Max Simultaneous Tracked Images”
Memberikan nilai “infinity” pada atribut “Max Simultaneous Tracked Images”
Memberikan nilai “infinity” pada atribut “Available Image Target”
Tidak perlu melakukan apa apa, karena secara default Camera AR mampu mendeteksi marker dalam waktu bersamaan
Berikut ini adalah syarat image yang dapat digunakan sebagai virtual button
Image berbentuk lingkaran
Image berbentuk persegi Panjang
Image berbentuk lingkaran dan persegi Panjang
Tidak ada syarat kusus, image dengan bentuk apapun dapat digunakan
Pada unity 3D Vuforia, Virtual Button terdapat pada menu
Image Target > Image Target Behaviour > Advanced > Add Virtual Button
Model Target > Image Target Behaviour > Advanced > Add Virtual Button
AR Camera > Image Target Behaviour > Advanced > Add Virtual Button
Virtual Button > Advanced > Add
Pada aplikasi AR Vuforia, apa yang harus dilakukan agar pemanggilan Audio dihentikan ketika marker sudah tidak lagi terdeteksi
Lakukan pengaturan penghentian audio pada event onTargetLost()
Lakukan pengaturan penghentian Audio pada event onTargetFound()
Lakukan pengaturan penghentian Audio pada event onImageTargetUp()
Lakukan pengaturan penghentian Audio pada event onImageTargetDown()
Pada aplikasi Unity 3D, untuk melakukan pemanggilan animasi yang bertipe legacy dapat diimplementasikan menggunakan komponen . .
Animator
Animation
Motion
Render
Untuk melakukan pendeteksian ketika sebuah tombol Virtual di tekan, dapat dilakukan menggunakan method
RegisterOnButtonReleased
RegisterOnButtonPressed
OnButtonPressed
OnButtonReleased
“robot” adalah sebuah variable bertipe Game Object yang terhubung dengan object 3D. Pilihlah kode yang benar di bawah ini untuk menampilkan “robot”
robot.IsVisible = true;
robot.SetActive = true;
robot.IsShow = true;
robot.IsEnable = true;
Itulah artikel Kumpulan Soal dan Jawaban Augmented Reality Dasar kali ini, semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Kumpulan Soal dan Jawaban Augmented Reality Dasar"