Letak Jari Pada Papan Ketik / Keyboard, Tips Mengetik 10 Jari

letak-jari-pada-papan-ketik-keyboard-tips-mengetik-10-jari.png

Teringin bisa mengetik dengan 10 jari? Ayo tinggalkan kebiasaan mengetik dengan 11 jari (1 jari telunjuk kiri dan 1 jari telunjuk kanan) diawali dengan mengetahui letak jari pada papan ketik / keyboard. Kali ini mimin akan kasih tahu nih, gimana sih letak para jari pada keyboard untuk dapat mengetik dengan 10 jari yang baik dan benar berikut tips mengetik 10 jari.

Apa itu Papan Ketik / Keyboard?

Papan tombol, papan ketik atau papan tik (Inggris: keyboard) merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 1 sampai 9, dan juga 0. Serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan tombol menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.

Ada sejumlah ketentuan yang berbeda dari simbol-simbol abjad, angka, dan tanda baca pada tombol. Perbedaan tata letak papan tombol ini timbul terutama karena orang yang berbeda membutuhkan akses yang mudah ke simbol yang berbeda, atau karena mereka memasukkan teks dalam berbagai bahasa, baik karena mereka memiliki ketentuan khusus di bidang matematika, akuntansi, pemrograman komputer atau keperluan lainnya.

Tata letak papan tombol di Amerika Serikat digunakan sebagai sistem operasi yang paling populer saat ini yaitu Mac OS X, Windows, dan Linux. Sebagian besar ketentuan umum tata letak papan tombol (papan tombol berbasis QWERTY dan sejenisnya) dirancang di era mesin ketik mekanik, sehingga ergonomi mereka harus sedikit dikompromikan untuk mengatasi beberapa keterbatasan mesin tik mekanik.

Pada saat ini tombol pada mesin ketik dan papan ketik pada komputer dengan tatanan QWERTY, diberlakukan sebagai standar yang digunakan di Indonesia. Penempatan jari pada tombol papan ketik komputer dengan tepat akan mempercepat proses pengetikan. Pengukuran kecepatan mengetik dilakukan dengan satuan jumlah ketukan tiap menit.

Letak Jari pada Papan Ketik / Keyboard

Letak Jari Baris Tengah Papan Ketik / Keyboard

Perhatikan letak jari pada barisan tengah (home) papan ketik / keyboard berikut:

letak-jari-baris-tengah
Letak Jari Baris Tengah

Letak jari pada barisan tengah (home) papan ketik / keyboard adalah sebagai berikut:

  • Tombol F dan G diketuk dengan jari telunjuk tangan kiri. Sedangkan tombol H dan J diketuk dengan jari telunjuk tangan kanan.
  • Tombol D diketuk dengan jari tengah tangan kiri. Sedangkan tombol K diketuk dengan jari tengah tangan kanan.
  • Tombol S diketuk dengan jari manis tangan kiri. Sedangkan tombol L diketuk dengan jari manis tangan kanan.
  • Tombol A dan CAPSLOCK diketuk dengan jari kelingking tangan kiri. Sedangkan tombol simbol lainnya yang berada di sebelah kanan tombol L - contoh kali ini adalah tombol simbol petik satu ('), garis miring terbalik (\) dan ENTER - diketuk dengan jari kelingking tangan kanan.
  • Tombol SPACE / Spasi diketuk dengan ibu jari tangan kiri dan kanan.

Letak Jari Baris Atas Papan Ketik / Keyboard

Perhatikan letak jari pada barisan atas papan ketik / keyboard berikut:

letak-jari-baris-atas
Letak Jari Baris Atas

Letak jari pada barisan atas papan ketik / keyboard adalah sebagai berikut:

  • Tombol R dan T diketuk dengan jari kelingking tangan kiri. Sedangkan tombol Y dan U diketuk dengan jari telunjuk tangan kanan.
  • Tombol E diketuk dengan jari tengah tangan kiri. Sedangkan tombol I diketuk dengan jari tengah tangan kanan.
  • Tombol W diketuk dengan jari manis tangan kiri. Sedangkan tombol O diketuk dengan jari manis tangan kanan.
  • Tombol Q dan TAB diketuk dengan jari kelingking tangan kiri. Sedangkan tombol P dan beberapa simbol lainnya yang berada di sebelah kanan tombol L - contoh kali ini adalah tombol simbol kurung siku buka ([), kurung siku tutup (]) dan ENTER - diketuk dengan jari kelingking tangan kanan.
  • Tombol SPACE / Spasi diketuk dengan ibu jari tangan kiri dan kanan.

Letak Jari Baris Bawah Papan Ketik / Keyboard

Perhatikan juga letak jari pada barisan bawah papan ketik / keyboard berikut:

letak-jari-baris-bawah
Letak Jari Baris Bawah

Letak jari pada barisan bawah papan ketik / keyboard adalah sebagai berikut:

  • Tombol V dan B diketuk dengan jari kelingking tangan kiri. Sedangkan tombol N dan M diketuk dengan jari telunjuk tangan kanan.
  • Tombol C diketuk dengan jari tengah tangan kiri. Sedangkan tombol , diketuk dengan jari tengah tangan kanan.
  • Tombol X diketuk dengan jari manis tangan kiri. Sedangkan tombol . diketuk dengan jari manis tangan kanan.
  • Tombol Z dan LSHIFT diketuk dengan jari kelingking tangan kiri. Sedangkan tombol / dan RSHIFT diketuk dengan jari kelingking tangan kanan.
  • Tombol SPACE / Spasi diketuk dengan ibu jari tangan kiri dan kanan.

Lalu bagaimana cara mengetahui letak tombol tanpa melihatnya? Coba Anda raba tombol F dan J dengan kedua jari telunjuk yang berada di barisan tombol home (barisan tengah), di kedua tombol tersebut terdapat tonjolan berbentuk garis yang berfungsi sebagai tolak ukur letak tombol-tombol yang lainnya.

Dengan meraba kedua tombol tersebut dengan kedua jari telunjuk, Kita dapat mengetahui letak tombol lainnya. Usahakan jaga jari-jarimu agar bergerak tidak jauh dari tombol-tombol home (barisan tengah). Setelah mengetik, 'istirahatkan' jari-jarimu di tombol home sebelum memulai mengetik lagi.

Itulah artikel Letak Jari Pada Papan Ketik / Keyboard, Tips Mengetik 10 Jari kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Letak Jari Pada Papan Ketik / Keyboard, Tips Mengetik 10 Jari"