Konfigurasi Dasar Cisco

konfigurasi-dasar-cisco.png

Dalam konfigurasi dasar CLI Cisco terdapat beberapa user mode atau bisa disebut hak akses pada router maupun switch, mode tersebut terbagi menjadi 3 yaitu:

  1. User EXEC Mode yang bertanda dengan ">": pada mode ini Kita belum bisa melakukan konfigurasi apapun.
  2. Privileged EXEC Mode yang bertanda dengan "#": pada mode ini Kita dapat melihat konfigurasi yang telah dibuat namun tidak dapat menambahkan konfigurasi.
  3. Global Configuration mode yang bertanda dengan "(config)#" pada mode ini Kita baru dapat melakukan konfigurasi dari menambahkan sampai bisa menghapusnya.

Jika Kita ingin masuk ke Privileged EXEC Mode dari User EXEC Mode maka ketikkan "enable" dan setelah masuk ke Privileged EXEC Mode untuk masuk ke Global Configuration Mode Kita bisa mengetikkan "configure terminal".

user-mode-cisco.png
User Mode Cisco

Di saat Kita berada pada Global Configuration Mode maka di situlah Kita dapat melakukan konfigurasi menambahkan dan menghapus di router maupun switch Cisco. Apabila Kita ingin kembali pada mode sebelumnya maka Kita dapat mengetikkan command "exit".

exit.png
Exit

Cara Mengganti Hostname pada Router dan Switch Cisco

Hostname merupakan sebuah perintah dasar pada Cisco yang bertujuan untuk mengganti nama pada router maupun switch Cisco yang dimana kegunaannya agar Kita tidak salah mengkonfigurasikan router ataupun switch Cisco, caranya masuk terlebih dahulu ke Global Configuration Mode karena Kita akan menambahkan sebuah konfigurasi.

mengganti-hostname.png
Mengganti Hostname

Menyimpan Konfigurasi

Bertujuan agar konfigurasi pada perangkat tidak hilang jika direboot.

menyimpan-konfigurasi.png
Menyimpan Konfigurasi

Mereset Perangkat Cisco

Berfungsi untuk mengembalikan konfigurasi default.

mereset-konfiguras.png
Mereset Konfigurasi

Melihat Informasi Interface

Perintah "show ip interface brief" berfungsi untuk melihat informasi interface.

melihat-informasi-interface.png
Melihat Informasi Interface

Cara Memasang Password pada Router maupun Switch di Cisco

Memberikan password pada router dan switch bertujuan untuk mengamankan perangkat jaringan, apabila pada suatu saat akan ada yang ingin masuk secara ilegal maka dia akan terkendala karena router atau switch Kita mempunyai sebuah password.

Ada 2 macam tipe dalam memberikan sebuah password:

  • "enable password 123": jika Kita menggunakan tipe ini maka konfigurasi passwordnya kurang secure, karena apabila Kita melakukan "show run" nama password akan terlihat.
  • "enable secret 456": jika Kita menggunakan tipe ini maka konfigurasinya akan secure karena password yang Kita inputkan akan terenkripsi oleh MD5.
memasang-password.png
Memasang Password

Menghapus Password

Tambahkan perintah "no" untuk menghapus konfigurasi sebelumnya.

menghapus-password.png
Menghapus Password

Melihat Konfigurasi yang Telah Dibuat

Apabila Kita ingin melihat konfigurasi yang telah Kita buat maka ketik perintah "show run", apabila kita berada di Global Config maka menambahkan perintah "do" di depannya, menjadi "do show run".

melihat-konfigurasi-yang-telah-dibuat.png
Melihat Konfigurasi Yang Telah Dibuat

Terlihat bahwa Kita saat ini baru mengkonfigurasikan Hostname dan Password pada router atau switch Cisco yang Kita miliki.

Memasang MOTD (Messenger Of The Day)

memasang-motd.png
Memasang MOTD

Hasil banner dapat dilihat pada saat Kita baru saja masuk pada perangkat.

hasil-banner.png
Hasil Banner

Posting Komentar untuk "Konfigurasi Dasar Cisco"