Tutorial Install XAMPP di Laptop dan PC Windows 10, 8 atau 7

xampp.png

XAMPP adalah sebuah paket perangkat lunak (software) komputer yang sistem penamaannya diambil dari akronim kata Apache, MySQL (dulu) / MariaDB (sekarang), PHP dan Perl. Sementara imbuhan huruf "X" yang terdapat pada awal kata berasal dari istilah cross platform sebagai simbol bahwa aplikasi ini bisa dijalankan di empat sistem operasi berbeda, seperti OS Linux, OS Windows, Mac OS dan juga Solaris.

Sejarah mencatat, software XAMPP pertama kali dikembangkan oleh tim proyek bernama Apache Friend dan sampai saat penulisan artikel ini sudah masuk dalam rilis versi 8.1.6 yang bisa didapatkan secara gratis dengan label GNU (General Public License).

Jika dijabarkan secara gamblang, masing-masing huruf yang ada di dalam nama XAMPP menurut para ahli memiliki arti sebagai berikut ini:

X = Cross Platform
Merupakan kode penanda untuk software cross platform atau yang bisa berjalan di banyak sistem operasi. Jadi, ada XAMPP untuk Windows, XAMPP untuk Mac dan untuk Linux. Semua itu bersifat free download XAMPP.

A = Apache
Apache adalah aplikasi web server yang bersifat gratis dan bisa dikembangkan oleh banyak orang (open source).

M = MySQL / MariaDB
MySQL atau MariaDB merupakan aplikasi database server yang dikembangkan oleh orang yang sama. MySQL berperan dalam mengolah, mengedit dan menghapus daftar melalui database.

P = PHP
Huruf "P" yang pertama dari akronim kata XAMPP adalah inisial untuk menunjukkan eksistensi bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan untuk membuat website dinamis, contohnya dalam website berbasis CMS WordPress.

P = Perl
Sementara itu, untuk huruf "P" selanjutnya merupakan singkatan dari bahasa pemrograman Perl yang kerap digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Perl ini bisa berjalan di dalam banyak sistem operasi sehingga sangat fleksibel dan banyak digunakan.

Fungsi XAMPP

Program aplikasi XAMPP berfungsi sebagai server lokal untuk mengampu berbagai jenis data website yang sedang dalam proses pengembangan.

Dalam prakteknya, XAMPP bisa digunakan untuk menguji kinerja fitur ataupun menampilkan konten yang ada di dalam website kepada orang lain tanpa harus terkoneksi dengan internet, cukup akses melalui XAMPP Control Panel, atau istilahnya: website offline.

XAMPP bekerja secara offline layaknya web hosting biasa namun tidak bisa diakses oleh banyak orang. Maka dari itu, XAMPP biasanya banyak digunakan oleh para mahasiswa maupun pelajar untuk melihat hasil desain website sebelum akhirnya dibuat online menggunakan web hosting yang biasa dijual di pasaran.

Cara Install XAMPP di Laptop dan PC Windows 10, 8 atau 7

Setelah mengenal lebih jauh lewat pengertian XAMPP, Anda tentu penasaran dong bagaimana langkah-langkah cara menginstall XAMPP di Laptop atau PC? Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan XAMPP? Caranya tidak jauh berbeda kok dibandingkan dengan cara menginstall aplikasi komputer pada umumnya.

Berikut panduan instalasi XAMPP selengkapnya:

  1. Anda harus menyiapkan file XAMPP terlebih dahulu dengan cara mengunduh lewat link berikut ini https://www.apachefriends.org/download.html. Tenang, file ini bersifat gratis, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lisensi sepeserpun.
    cara-install-xampp-0.png
    Download XAMPP Installer
  2. Setelah file berhasil didownload dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah menyiapkan space/ruang harddisk di laptop atau komputer dengan minimal menyisakan space sebesar 1GB guna menampung gambar, teks, video dan dokumen website.
  3. Jalankan file XAMPP installer yang telah Anda download sebelumnya.
  4. Akan ada jendela baru yang terbuka sebagai indikasi dimulainya proses instalasi, kemudian klik Next.
    cara-install-xampp-1.png
    XAMPP Setup Wizard
  5. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih komponen yang akan digunakan. Standar untuk server web berbasis CMS WordPress menggunakan MySQL, FileZilla FTP Server dan Apache, sedangkan dari bahasa pemrograman bisa men-checklist pilihan PHP, Perl dan phpMyAdmin. Kemudian klik Next.
    cara-install-xampp-2.png
    Memilih Komponen
  6. Pada tahap ini Kita diminta untuk memilih lokasi file XAMPP yang akan diinstal, gunakan saja pengaturan default lalu klik Next.
    cara-install-xampp-3.png
    Memilih Lokasi File XAMPP
  7. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini, untuk mempercepat proses instalasi hilangkan centang kemudian klik Next.
    cara-install-xampp-4.png
    Hilangkan Centang
  8. Selanjutnya klik Next untuk memulai proses instalasi.
    cara-install-xampp-5.png
    Ready to Install
  9. Tunggu beberapa menit sampai proses instalasi XAMPP selesai yang ditandai dengan bar progress seluruhnya berubah menjadi warna hijau.
    cara-install-xampp-6.png
    Installing
  10. Anda sudah bisa menjalankan program XAMPP di laptop atau PC Windows 10, 8 atau 7 untuk membuat website secara offline menggunakan localhost.

Bagian-bagian Penting di Dalam XAMPP

Htdocs
Merupakan nama sebuah folder bagian dari XAMPP yang berfungsi untuk menyimpan berbagai file dan dokumen yang akan ditampilkan ke dalam website. Kapasitas penyimpanan di dalam menu htdocs sendiri bergantung kepada harddisk yang terpasang di perangkat komputer. Secara default, folder ini berada di C:\xampp.

htdocs-xampp.png
htdocs

Control Panel
Seperti namanya, Control Panel memberikan Kita akses lebih leluasa dalam mengatur database, mengunggah file atau melakukan setting lebih detail terkait jeroan website. Dari dalam Control Panel Kita juga bisa mengatur stop dan start aplikasi XAMPP agar tidak memberatkan kinerja komputer.

control-panel-xampp.png
Control Panel

PhpMyAdmin
Sama seperti fungsi phpMyAdmin pada web hosting sesungguhnya, peran phpMyAdmin dalam aplikasi XAMPP juga diplot sebagai pengatur konfigurasi MySQL. Untuk membuka phpMyAdmin di XAMPP caranya Anda bisa langsung mengetikkan URL http://localhost/phpmyadmin.

phpmyadmin-xampp.png
phpMyAdmin

Itu saja artikel Tutorial Install XAMPP di Laptop dan PC Windows 10, 8 atau 7 kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tutorial Install XAMPP di Laptop dan PC Windows 10, 8 atau 7"