3 Cara Menghafal Materi dengan Cepat

Anda mempunyai daya ingat yang kurang cepat dan tajam? Apalagi soal menghafal materi pelajaran yang diajarkan oleh sekolah. Tenang, artikel kali ini mimin mau kasih tahu ke sobat sekalian bagaimana cara menghafal materi dengan cepat. Berikut adalah ketiga caranya.


Jangan Menghafal Sekaligus

Yang dimaksud di sini adalah janganlah menghafal sekaligus semua materi dalam satu waktu. Masalah ini biasanya terdapat pada banyak pelajar. Bila ada ujian di esok harinya, Mereka menghafalkan semua materi yang diajarkan oleh sekolah dalam semalam. Ya! SKS atau Sistem Kebut Semalam adalah istilah yang tidak asing lagi didengar oleh kalangan pelajar.

Kenapa demikian? Karena dengan menghafal sedikit demi sedikit materi akan lebih efektif daripada harus menghafal semua materi dalam satu waktu sekaligus. Apalagi dengan Sistem Kebut Semalam, selain kurang efektifnya menghafal dikarenakan dengan menghafalnya dalam satu waktu sekaligus, metode SKS juga memiliki dampak bagi kesehatan tubuh. Semalaman menghafal sementara kualitas tidurnya dikesampingkan. Yakin nih besok ga bakal buyar lagi tuh hafalannya?

Mencatat Sekaligus Memahami

Nah, ini nih solusi terbaik menghafal. Berbanding terbalik dengan metode SKS tadi. Dengan mencatat materi, terlebih dahulu Kita membaca materi tersebut dan mengingat apa yang Kita baca sebelumnya kemudian menuliskannya kembali ke catatan Kita. Dengan begini, secara tidak sadar materi yang Kita catat tersebut dengan sendirinya terekam oleh otak Kita. Tapi lebih efektif lagi jika Kita mencatat materi tersebut dengan memahaminya terlebih dahulu.

Biasakan menggunakan metode memahami terlebih dahulu sebelum mencatat di setiap kali Kita mencatat materi yang diajarkan oleh sekolah. Dengan begini, tidak perlu lagi menggunakan metode Sistem Kebut Semalam untuk menghadapi ujian yang kerap kali menghantui kalangan pelajar.

Manfaatkan Waktu Terbaik Otak Menghafal

Tidak ada salahnya menghafal materi pada malam hari. Namun menghafal materi pada malam hari kurang efektif, karena sejatinya malam hari adalah waktu di mana otak untuk beristirahat. Lalu, di mana waktu terbaik otak untuk menghafal?

Waktu terbaik otak untuk menghafal ialah pada pagi hari. Dikarenakan pada pagi hari tepatnya setelah bangun dari tidur, otak Kita lebih fresh dan terasa ringan karena semalam sudah diistirahatkan. Oleh karena itu, menghafal di waktu shubuh lebih efektif dibandingkan di malam hari.

Baik, itu saja artikel 3 Cara Menghafal Materi dengan Cepat yang mimin buat kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "3 Cara Menghafal Materi dengan Cepat"