Konfigurasi NTP (Network Time Protocol) Client MikroTik

konfigurasi-ntp-client-mikrotik.png

Dalam kondisi tertentu Router MikroTik harus bekerja berdasarkan waktu, baik tanggal, hari maupun jam. Misalnya jika Anda ingin memblokir akses Internet di luar jam kerja ataupun memblokir beberapa situs pada jam-jam tertentu.

Untuk Router MikroTik yang diinstal di personal komputer (PC) ini tidak menjadi masalah, karena di motherboard komputer terdapat baterai yang dapat mempertahankan konfigurasi waktu.

Namun untuk Router MikroTik yang tidak memiliki baterai maka konfigurasi waktu akan kacau setiap kali router mengalami restart. Pada umumnya RouterBoard tidak memiliki baterai dan akan memulai perhitungan jamnya pada pukul 00:00:00 setiap sekali restart.

Untuk menghindari ketidakakuratan konfigurasi waktu, maka pada Router MikroTik perlu dikonfigurasikan Network Time Protocol (NTP). NTP adalah protokol yang digunakan untuk sinkronisasi waktu (jam, hari, tanggal, bulan dan tahun) antara perangkat-perangkat jaringan.

Router MikroTik perlu mengetahui NTP Server yang ada di Internet dan akan berusaha menyesuaikan dengan konfigurasi waktu yang ada di NTP server tersebut. Untuk sinkronisasi konfigurasi waktu pada Router MikroTik, Anda dapat menggunakan NTP Server untuk Indonesia dengan IP address 203.160.128.3. IP address dari NTP server Indonesia selengkapnya dapat Anda lihat di http://www.pool.ntp.org/zone/id.

Untuk menggunakan waktu yang ada pada NTP Server, maka Router MikroTik Anda harus dikonfigurasikan menjadi NTP Client. Anda dapat menggunakan perintah sebagai berikut:

Konfigurasi NTP Client
Konfigurasi NTP Client

Selanjutnya Anda harus mengkonfigurasikan Time Zone sesuai tempat Anda berada. Misalnya Asia/Jakarta untuk WIB, Asia/Makassar untuk WITA dan Asia/Jayapura untuk WIT. Perintah yang dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut:

Konfigurasi Time Zone
Konfigurasi Time Zone

Selanjutnya, Anda dapat memeriksa hasil konfigurasi NTP Client tadi, apakah telah sinkron dengan waktu yang sebenarnya. Perintah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

System Clock Print
System Clock Print

Bila menggunakan WinBox, maka NTP Client dapat dikonfigurasikan melalui menu System -> NTP Client, seperti pada gambar berikut:

Konfigurasi NTP Client WinBox
Konfigurasi NTP Client WinBox

Sedangkan untuk melihat apakah Router MikroTik telah sinkron dengan NTP Server dapat dilihat melalui menu System -> Clock.

System Clock WinBox
System Clock WinBox

Router MikroTik dengan RouterOS versi terbaru sudah dilengkapi dengan fitur auto detect pada konfigurasi NTP, sehingga konfigurasi Time Zone terkadang tidak perlu dikonfigurasikan, Anda cukup mengaktifkan fitur auto detect dan Router MikroTik akan menyesuaikan sistem waktunya sendiri.

Untuk mengaktifkan fitur auto detect pada konfigurasi NTP Client, perintah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

Auto Detect Time Zone
Auto Detect Time Zone

Baik, itu saja artikel NTP (Network Time Protocol) Client MikroTik yang Saya buat kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Konfigurasi NTP (Network Time Protocol) Client MikroTik"