Konfigurasi IP Address MikroTik dengan CLI di WinBox

Ada dua cara mengkonfigurasikan MikroTik, yaitu dengan CLI (Command Line Iinterface) atau GUI (Graphical User Interface). Artikel ini akan menjelaskan bagaimana caranya mengkonfigurasikan IP address MikroTik dengan CLI (Command Line Interface) di aplikasi WinBox. Kuy! Disimak penjelasannya.



Apa itu IP Address?

Internet Protocol Address (IP Address) atau alamat IP adalah label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk berkomunikasi satu sama lain.

Perangkat yang terhubung ke jaringan komputer tapi tidak memiliki alamat IP atau IP address tidak dapat berkomunikasi dengan perangkat-perangkat yang lain. Sehingga menutup kemungkinan untuk dapat terkoneksi dengan internet sekalipun.

Dalam pemberian alamat IP atau IP address terdapat 2 cara, yaitu secara static (statis) dan dynamic (dinamis). Pemberian alamat IP atau IP address secara static (statis) adalah pemberian alamat IP yang ditentukan oleh Kita sendiri. Sebaliknya, pemberian alamat IP atau IP address secara dynamic (dinamis) adalah pemberian alamat IP yang ditentukan secara otomatis oleh DHCP Server yang berada dalam jaringan yang sama.

Apa itu CLI?

CLI adalah singkatan dari Command Line Interface. Dengan adanya program ini, user dapat mengetik perintah dalam bentuk teks dan memberikan intruksi pada komputer untuk mengerjakan tugasyang diketik.

Meskipun memiliki nilai lebih dari pada GUI (Graphical User Interface), tidak semua orang familiar dengan CLI. Bahkan bagi user pemula, CLI terlalu canggih untuk mereka. Terlebih lagi lebih mudah menggunakan GUI yang hanya menekan tombol saja dibandingkan dengan CLI yang ada hanyalah teks perintah saja.

Kelebihan CLI:

  1. Menggunakan sedikit resource.
  2. Tepat dan akurat.
  3. Kemudahan menjalankan task berulang.

Konfigurasi IP Addres MikroTik dengan CLI di WinBox

Selain GUI, di aplikasi WinBox juga terdapat terminal yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi secara CLI. Kita akan meggunakan ini nantinya.

Berikut adalah cara konfigurasi IP address MikroTik dengan CLI di WinBox:

  1. Pertama, masuk sebagai user admin MikroTik milik Anda. Karena MikroTik milik Saya belum dikonfigurasikan user-nya, Saya gunakan user default dari MikroTik dengan username = admin dan password = (kosong).
    Masuk Sebagai User Admin MikroTik
    Masuk Sebagai User Admin MikroTik

  2. Kemudian buka terminal MikroTik dengan menekan New Terminal yang berada di deretan menu MikroTik di Winbox.
    New Terminal
    New Terminal

  3. Selanjutnya ketikkan perintah konfigurasi MikroTik dengan perintah ip address add address=(masukkan ip address) interface=(masukkan interface yang ingin dikonfigurasikan ip address-nya). Sebagai contoh, Saya akan mengkonfigurasikan ether1 dengan IP address 192.168.1.2/24 dan ether2 dengan IP address 192.168.10.1/24.
    Konfigurasi IP Address Dengan CLI
    Konfigurasi IP Address Dengan CLI

  4. Untuk mengetahui IP address yang telah Kita konfigurasikan, ketikan perintah ip address print.
    IP Address Print
    IP Address Print

Itulah cara mengkonfigurasikan IP address MikroTi dengan CLI (Command Line Interface) di aplikasi WinBox. Cukup mudah bukan?

Baik, itu saja artikel Konfigurasi IP Address MikroTik dengan CLI di WinBox yang Saya buat kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Konfigurasi IP Address MikroTik dengan CLI di WinBox"