Fitur-fitur Yang Ada di Lingkungan Microsoft Word 2010 Beserta Fungsinya

fitur-fitur-yang-ada-di-lingkungan-microsoft-word-2010-beserta-fungsinya.png

Siapa sih yang ga kenal sama Microsoft Word di era modern ini? Anda pastinya sudah tahu kegunaan perangkat lunak (software) yang satu ini kan? Yap, Microsoft Word adalah perangkat lunak (software) pengolah kata andalan Microsoft yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1983.

Kegunaannya tentu saja untuk membantu pekerja kantoran atau diri Kita sendiri dalam menulis naskah, laporan, tugas, atau yang lain sebagainya menjadi lebih mudah. Lalu, apa saja sih fitur-fitur yang ada di lingkungan Microsoft Word serta fungsinya? Kuy! Kita simak penjelasan berikut.

Fitur-fitur yang ada di lingkungan Microsoft Word 2010 beserta fungsinya

Fitur-fitur Microsoft Word 2010
Fitur-fitur Microsoft Word 2010

Berikut adalah fitur-fitur yang ada di lingkungan Microsoft Word 2010 beserta fungsinya:

  1. Quick Access Toolbar : Kumpulan tombol pintas yang sering digunakan untuk perintah umum. Dapat ditambah maupun dikurangi, namun secara default terdiri dari Save, Undo dan Redo.
  2. Ribbon : Berisi kumpulan tab yang sudah disusun berdasarkan kategori tertentu, misalnya Home, Page Layout dan View. Pada masing-masing tab berisi beberapa kelompok perintah, misalnya Font, Tables dan Page Setups.
  3. Title : Menampilkan nama dokumen yang sedang dibuka.
  4. Minimize : Digunakan untuk meminimalkan tampilan dokumen.
  5. Maximize/Restore Down : Maximize digunakan untuk mengembalikan tampilan dokumen ke full screen. Sedangkan Restore Down digunakan untuk mengembalikan tampilan dokumen dari full screen.
  6. Close : Digunakan untuk menutup dokumen.
  7. Help : Bantuan yang dapat digunakan pengguna terkait Microsoft Word 2010.
  8. Ruler : Berada di bagian atas dan di bagian kiri yang berfungsi untuk membuat lebih mudah dalam menyesuaikan dokumen secara presisi.
  9. Scroll Bar : Berada di bagian kanan dan di bagian bawah (jika tampilan dokumen melebihi layar) berfungsi untuk menggeser tampilan dari atas ke bawah maupun dari kiri ke kanan.
  10. Page Number : Menunjukan halaman yang sedang diakses dari keseluruhan halaman dokumen.
  11. Word Count : Menunjukan berapa banyak jumlah kata yang ditulis dalam dokumen.
  12. View Mode : Berisi kumpulan mode tampilan dokumen, antara lain Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outline dan Draft.
    • Print Layout : Merupakan tampilan mode standar dokumen yang dapat membuat atau mengedit dokumen. Terdapat page breaks di antara halamannya yang menunjukkan bagaimana dokumen terlihat ketika dicetak.
    • Full Screen Reading : Pilihan untuk menampilkan mode baca. Pada tampilan ini, semua perintah edit dinonaktifkan (hidden), sehingga tampil penuh pada layar. Memungkinkan dapat membaca dari halaman satu ke halaman lain dengan memanfaatkan tanda panah yang berada di kanan dan kiri halaman.
    • Web Layout : Pilihan untuk menampilkan dokumen ke mode situs (website) dengan menghapus page breaks.
  13. Zoom Control : Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan dokumen.

Itulah fitur-fitur yang ada di lingkungan Microsoft Word 2010 beserta fungsinya.

Baik, itu saja artikel Fitur-fitur Yang Ada di Lingkungan Microsoft Word 2010 Beserta Fungsinya yang Saya buat kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fitur-fitur Yang Ada di Lingkungan Microsoft Word 2010 Beserta Fungsinya"