Fitur-fitur Yang Ada di Lingkungan Microsoft Excel 2010 Beserta Fungsinya

fitur-fitur-yang-ada-di-lingkungan-microsoft-excel-2010-beserta-fungsinya.png

Siapa sih yang ga kenal sama perangkat lunak (software) yang satu ini? Yap, Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System.

Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak pengolah angka yang menjadi bagian dari aplikasi Microsoft Office. Perangkat lunak ini sering digunakan untuk mengerjakan perhitungan, menyimpan, mengatur dan menganalisis informasi.

Pemanfaatan perangkat lunak ini sangat beragam, mulai dari membuat pengaturan budget bulanan, mencatat dan merinci neraca keuangan bisnis ataupun mengelola data dengan jumlah sangat banyak untuk keperluan analisis statistik. Aplikasi ini juga dikenal dengan nama Spreadsheet.

Berbeda dengan perangkat lunak pengelola kata yaitu Microsoft Word, dokumen Excel terdiri dari atas kolom dan baris data, yang memuat sel data. Setiap sel dapat berisi teks maupun nilai angka yang dapat dihitung menggunakan formula. Kuy! Langsung Kita simak saja fungsi fitur-fiturnya.

Fitur-fitur yang ada di lingkungan Microsoft Excel 2010 beserta fungsinya

Fitur-fitur Microsoft Excel 2010
Fitur-fitur Microsoft Excel 2010

Berikut adalah fitur-fitur yang ada di lingkungan Microsoft Excel 2010 beserta fungsinya:

  1. Quick Access Toolbar : Kumpulan tombol pintas yang sering digunakan untuk perintah umum. Dapat ditambah maupun dikurangi, namun secara default terdiri dari Save, Undo dan Redo.
  2. Ribbon : Berisi kumpulan tab yang sudah disusun berdasarkan kategori tertentu, misalnya Home, Page Layout dan Formulas.
  3. Title : Menampilkan nama dokumen yang sedang dibuka.
  4. Minimize : Digunakan untuk meminimalkan tampilan dokumen.
  5. Maximize/Restore Down : Maximize digunakan untuk mengembalikan tampilan dokumen ke full screen. Sedangkan Restore Down digunakan untuk mengembalikan tampilan dokumen darifull screen.
  6. Close : Digunakan untuk menutup dokumen.
  7. Help : Bantuan yang dapat digunakan pengguna terkait Microsoft Excel 2010.
  8. Minimize Window : Digunakan untuk meminimalkan tampilan workbook dalam dokumen.
  9. Maximize/Restore Down Window Maximize Window digunakan untuk mengembalikan tampilan workbook dalam dokumen ke full screen. Sedangkan Restore Down Window digunakan untuk mengembalikan tampilan workbook dalam dokumen dari full screen.
  10. Close Window : Digunakan untuk menutup workbook dalam dokumen.
  11. Name Box : Menampilkan lokasi atau 'nama' sel yang dipilih.
  12. Formula Bar : Tempat untuk memasukkan atau edit data, formula atau fungsi yang ada pada sel tertentu.
  13. Cell : Sel (cell) adalah setiap persegi panjang di dalam workbook, yang merupakan persimpangan antara kolom (column) dan baris (baris).
  14. Column : Kolom (column) adalah sekumpulan sel yang bergerak dari atas ke bawah halaman, yang diidentifikasikan dengan huruf.
  15. Row : Baris (row) adalah sekumpulan sel yang bergerak dari kiri ke kanan halaman, yang diidentifikasi dengan nomor.
  16. Scroll Between Worksheets : Digunakan untuk menggeser worksheets. Setiap buku kerja (workbook) memiliki satu atau lebih lembar kerja (worksheet), misalnya sheet1, sheet2 dan seterusnya. Klik kanan untuk pilihan lainnya dan klik tab untuk beralih di antara Mereka (worksheets).
  17. Click To Add New Worksheets : Digunakan untuk menambahkan lembar kerja (worksheet) baru.
  18. View Mode : Berisi kumpulan mode tampilan dokumen, antara lain Normal, Page Layout dan Page Break Preview.
    • Normal : Merupakan tampilan mode standar, yang menunjukkan sel dan kolom yang tidak terbatas.
    • Page Layout : Tampilan ini akan membagi lembar kerja (worksheet) menjadi halaman.
    • Page Break Preview : Pilihan untuk menampilkan overview worksheet, khususnya sangat membantu ketika ditambahkan page break.
  19. Scroll Bar : Berada di bagian kanan dan bawah yang berfungsi untuk menggeser tampilan atas ke bawah atau kiri ke kanan.
  20. Zoom Control : Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan dokumen.

Itulah fitur-fitur yang ada di lingkungan Microsoft Excel 2010 beserta fungsinya.

Baik, itu saja artikel Fitur-fitur Yang Ada di Lingkungan Microsoft Excel 2010 Beserta Fungsinya yang Saya buat kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fitur-fitur Yang Ada di Lingkungan Microsoft Excel 2010 Beserta Fungsinya"