Cara Remote MikroTik Di VirtualBox Dengan WinBox

Ada banyak cara untuk mengakses / remote MikroTik, antara lain dengan menggunakan WinBox, Telnet maupun WebFig. Di sini Kita akan menggunakan aplikasi WinBox untuk mengakses / remote MikroTik. Bagi Anda yang belum pernah mendengar WinBox, Saya akan sedikit menjelaskan tentang aplikasi ini. Kuy! Langsung disimak saja penjelasannya.


Apa itu WinBox?

WinBox adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses / remote MikroTik RouterOS dengan menggunakan GUI (Graphical User Interface). Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows berbentuk portable binary (tidak usah melalui proses instalasi), tapi bisa juga berjalan pada sistem operasi Linux dan MacOS (OSX) dengan menggunakan Wine.

Semua fungsi pada aplikasi WinBox hampir sama persis dengan fungsi konsolnya / CLI (Command Line Interface), itu lho yang berisi tulisan perintah semua. Namun juga ada beberapa fungsi yang tidak dapat dikonfigurasikan lewat aplikasi WinBox, seperti mengganti MAC Address pada salah satu interface MikroTik.

WinBox dapat menyimpan informasi akun login Router serta daftar-daftar alamat IP-nya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang digunakan untuk dapat import dan export daftar-daftar informasi tersebut. Sangat user friendly bukan? Para network administrator di perusahaan besar tidak perlu lagi mencatat daftar-daftar alamat IP serta informasi akun login dari masing-masing Router yang dimiliki oleh perusahaan di dala buku tulis. Cukup menyimpannya di WinBox, semua bisa teratasi.

Ah! Betapa indahnya hidup di zaman yang serba instan ini.

Begitulah penjelasan singkat mengenai aplikasi WinBox. Selanjutnya langsung Kita bahas saja inti dari pembahasan di artikel ini. Kuy!

Cara mengakses / remote MikroTik di VirtualBox dengan WinBox

Bahan yang dibutuhkan:

  1. WinBox. Download 32-bit / 64-bit (2Mb).
  2. Hanya itu, mwehehe :3

1. Konfigurasi Tipe Network Adapter MikroTik Virtual

Hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah konfigurasi tipe network adapter yang digunakan MikroTik Virtual agar Kita dapat me-remote-nya dengan WinBox yang ada di komputer Kita.

Tipe apa yang digunakan? Tipe network adapter yang digunakan agar MikroTik di VirtualBox dapat diakses dengan WinBox adalah Host-only Adapter. Host-only Adapter adalah tipe network adapter pada VirtualBox yang digunakan untuk menghubungkan komputer nyata Kita dengan mesin virtual yang ada di VirtualBox.

Jika secara fisik, apabila Kita ingin me-remote MikroTik harus ada media penghubung antara komputer Kita dengan MikroTik baik itu berupa kabel LAN maupun wireless. Nah dalam virtualisasi, Kita gunakan tipe network adapter ini sebagai media penghubungnya. Dengan begitu, komputer Kita akan dapat me-remote MikroTik yang ada di VirtualBox.

Oh iya! Agar tipe network adapter ini dapat berjalan, pastikan interface VirtualBox Host-only Network pada komputer Anda tidak dalam keadaan Disable ya! Anda dapat mengeceknya di Conrol Panel > Network and Internet > Network Connections. Berikut adalah tampilan jika interface VirtualBox Host-only Network tidak dalam keadaan disable.

Interface VirtualBox Host-only Network
Interface VirtualBox Host-only Network

Berikut adalah tahapan konfigurasi netowrk adapter MikroTik Virtual:

  1. Membuka pengaturan mesin virtual MikroTik dengan cara menekan tombol Settings.
    Tekan Tombol Settings
    Tekan Tombol Settings
  2. Klik Network, kemudian pada Adapter 1 > Attached to Kita pilih Host-only Adapter. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi.
    Konfigurasi Network Adapter
    Konfigurasi Network Adapter

2. Mengakses / Remote MikroTik VirtualBox Dengan WinBox

Langkah kedua dan terakhir yang dilakukan adalah mengakses / remote MikroTik yang ada di VirtualBox dengan aplikasi WinBox.

Jangan lupa untuk terlebih dahulu menjalankan mesin virtual MikroTik dengan menekan tombol Start.

Menjalankan Mesin Virtual
Menjalankan Mesin Virtual

Berikut adalah tahapan mengakses / remote MikroTik dengan WinBox:

  1. Pertama, pastian mesin virtual MikroTik sudah berjalan dengan baik. Anda bisa memastikannya dengan munculnya tampilan login pada mesin virtual MikroTik.
    Tampilan Login MikroTik
    Tampilan Login MikroTik
  2. Selanjutnya buka aplikasi WinBox yang telah didownload sebelumnya. Perhatikan apakah sudah ada daftar MikroTik yang terdeteksi pada menu Neighbors. Jika belum, silahkan lakukan refresh dengan menekan tombol Refresh.
    Refresh
    Refresh
  3. Jika sudah terdeteksi, klik MAC Address dari MikroTik VirtualBox kemudian isikan Login = admindan Password = (kosong/tidak perlu diisi) untuk dapat masuk ke MikroTik tersebut.
    Login
    Login

  4. Tada! Anda berhasil mengakses / remote MikroTik yang ada di VirtualBox. Berikut adalah tampilan awal ketika Anda berhasil masuk ke MikroTik. Tekan OK.
    Welcome WinBox
    Welcome WinBox

Itulah cara agar dapat mengakses / remote MikroTik yang ada di VirtualBox dengan aplikasi WinBox.

Baik, itu saja artikel Cara Remote MikroTik Di VirtualBox Dengan WinBox yang Saya buat kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Remote MikroTik Di VirtualBox Dengan WinBox"